Rabu, 23 Juli 2014

Rahasia Menjaga Kehamilan Menurut Nasihat Dokter



 Janganlah seorang menganggap yang tugas dokter sehubungan dengan kehamilan hanyalah menolong melahirkan bayi. Rahasia kesuksesan dalam melahirkan ialah mengikuti satu program selama mengandung. Inilah yang akan memelihara kesehatan si ibu dan mempersiapkannya untuk melahirkan secara normal.

 Banyak hal yang harus diperiksa dan banyak pula nasihat yang harus dituruti. Hanya dokterlah yang dapat melakukannya. Kebanyakan dokter tidak memungut biaya pemeriksaan atau perawatan sebelum melahirkan, mengingat pelayanannya yang lebih baik apabila si ibu memeriksakan diri dengan teratur. Biaya pemeriksaan akan dikenakan pada biaya melahirkan.
Kalau anda mempunyai dokter keluarga, dia harus diberitahukan tentang kehamilan sedini mungkin. Jikalau anda tidak mengenal seorang dokter, tanyakanlah rumah sakit atau puskesmas terdekat, atau seorang perawat. Seorang wanita hamil harus memeriksakan diri kepada dokter setiap bulan selama enam bulan pertama, setiap dua minggu selama dua bulan berikut, dan setiap minggu selama bulan terakhir. Saat ini pengobatanherbal batu ginjal yang terbukti efektif sangat membayitu untuk mengatasi masalah batu ginjal dengan aman.


 Pada kunjungan anda yang pertama, sang dokter akan memeriksa dengan teliti untuk menentukan adanya masalah khusus. Dia akan tanyakan tanggal haid yang terakhir, dan berdasarkan perhitungan ini dia akan menentukan kira-kira kapan anda akan melahirkan. Biasanya, kehamilan terjadi dua minggu sesudah hari pertama dari haid. Dari sejak hamil sampai melahirkan, jumlah harinya kira-kira 266. Kepada angka ini ditambahkanlah dua minggu, yaitu masa antara permulaan haid terakhir sampai tanggal terjadinya kehamilan, kita akan mendapat 280 hari, yaitu dari hari pertama haid terakhir sampai hari melahirkan.

 Cara yang paling mudah menentukan tanggal melahirkan ialah menambahkan sembilan bulan kepada haid terakhir kemudian menambahkan 7 hari. Contohnya, jikalau haid terakhir mulai tanggal Z Februari, dengan menambahkan angka 9 bulan kita akan tiba pada tanggal 7 November. Dengan menambahkan tujuh hari, anda akan tiba pada tanggal 14 November.

Selagi anda terus memeriksakan diri pada dokter, dia akan memeriksa kembali tanggal melahirkan dengan memperhatikan besarnya dan letaknya janin itu. Kemudian, enam belas sampai delapan belas minggu setelah hari pertama haid terakhir, anda akan melaporkan yang bayi itu bergerak dalam rahim. Pengalaman seperti ini sangat menggembirakan setiap ibu yang hamil, istimewa bila itu kehamilan pertama. Kebayiyakan ibu-ibu yang sedang hamil menggambarkan perasaan itu sebagai "kebingungan halus". Dalam beberapa hal "merasakan kehidupan" tidak terjadi dengan cara begini. Bukan berarti janin itu berada dalam keadaan bahaya, tetapi sebagian ibu-ibu yang hamil merasakan demikian, sebagian tidak. 

Secara alamiah gerakan bayi yang belum dilahirkan itu bertambah kuat semakin dekat waktu melahirkan, begitu kuat sehingga dapat dilihat dari luar. Beberapa ibu yang hamil merasa tidak enak sewaktu bayi di dalam kandungan menggerakkan tangan dan kakinya. 

Melihat bahaya yang mengancam janin apabila terjadi infeksi selama mengandung, sang ibu harus melaporkan kepada dokter apabila terjadi penyakit seperti itu, teristimewa campak (rubella).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar